Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu libur
Beranda » Jual Mesin Perontok Padi

Jual Mesin Perontok Padi

Jual Mesin Perontok Padi

Jual Mesin Perontok Padi – Dalam dunia industri kita sebagai masyarakat ataupun warga negara Indonesia tidak mau kalah dengan negara-negara tetangga dalam pengolahan, pemeliharaan, yang terjadi seperti saat sekarang ini contoh di Thailand dan Myanmar memiliki berbagai mesin perontok padi lainnya khususnya dalam pengolahan pertanian yaitu masa panen padi pertanian kita. Oleh sebab itu dalam Industri permesinan dalam negeri siap membantu para petani pada saat panen padi di sawah maupun di ladang baik dalam kapasitas banyak maupun sedikit hasil masa panen, dengan cara ini kami akan membuat mesin perontok padi sebagai alat untuk mengatasi kemudahan dalam bekerja, mempermudah kerjaan dari yang sulit menjadi mudah, awalnya para petani menghabis waktu untuk bekerja dalam masa panen padi, namun saat ini sudah mulai bekerja dengan waktu singkat dan tepat waktu sesuai apa yang menjadi target para petani masa sekarang.

Hadirnya mesin perontok padi ini, masyarakat di berbagai lini tidak mau kalah dengan negara lain meskipun mereka punya alat mesin panen yang lebih canggih, namun kita warga masyarakat Indonesia harus bangga dengan hadirnya dunia Industri permesinan sekaligus kita dapat membuat mesin perontok padi ini dengan baik, sangat berkualitas, awet, apik, tidak mengganggu kenyamanan saat bekerja, lebih-lebih saat memakai mesin perontok padi ini dapat menjamin keamanan para petani saat melakukan panen saat menggunakan mesin perontok ini. Pada tahun 1990-an kebawah mulanya para petani mengeluarkan tenaga yang sangat banyak dalam masa panen padi harus secara manual, menggunakan berbagai macam alat pembantu seperti Bambu rakitan disebut rontokan, bambu panjangan tempat palangan padi, dan alat bantu lainnya. Namun sekarang ini, di era Industri 4.0 para petani tidak akan lagi kebingungan dalam melakukan pekerjaannya di sawah khususnya pada masa panen padi baik itu dalam skala kecil maupun skala besar.

Dalam dunia Industri 4.0 ini kita sebagai warga negara Indonesia khususnya para petani pada masa kini tidak lagi ketinggalan informasi baik itu tentang teknologi pengolahan hasil pertanian baik itu hasil panen padi dengan menggunakan mesin perontok ini merupakan salah satu langkah awal untuk menuju puncak petani berkemajuan dalam mengolah hasil pertanian khususnya hasil panen padi menggunakan mesin perontok padi tersebut. Oleh sebab itu para petani sudah waktunya melihat teknologi Industri pertanian ataupun Industri mesin khususnya dalam membuat ataupun menggunakan mesin perontok padi buatan anak bangsa “tanpa menggunakan alat mesin perontok dari negara tetangga”, meskipun saat ini kita harus membuka cakrawala para petani hidup makmur melalui bantuan mesin perontok sebagai alat bantu keringanan dalam bekerja saat panen padi.

Hubungannya dengan mesin penggerak dan atau mesin perontok padi ini sungguh sangat di perlukan dan sangat dibutuhkan oleh para petani untuk membantu mereka pada saat panen padi di sawah maupun diladang, dengan hadirnya mesin perontok padi ini, mereka sangat terbantu terutama dari segi tenaga tidak begitu banyak yang diperlukan dan tidak banyak alat yang harus dipakai, jadi cukup dengan alat bantu mesin perontok tersebut dapat meminimalisir semuanya melalui mesin perontok padi. Itulah keuntungan yang disebutkan diatas namun keuntungan lainnya mesin perontok padi ini dapat menghemat biaya pada saat para petani mulai panen, biasanya para petani mengeluarkan biaya banyak namun ketika hadirnya mesin perontok padi ini para petani sudah mulai hebat biaya pada saat panen.

Dalam melihat perbandingan hasil panen dengan menggunakan tenaga manusia secara utuh atau manual semata dengan menggunakan mesin perontok padi ini jauh lebih banyak hasil yang di dapatkan dari pada manual semata, yang biasanya menggunakan manual semata dengan bantuan tenaga 5 orang maksimal 500 kg dikerjakan hampir satu hari, itupun tenaga sudah sangat kritis dan menghabiskan banyak makanan, menghabiskan banyak waktu, menggunakan banyak alat bantuan manual lainnya, dan sangat merepotkan mereka sendiri. Jika dibandingkan dengan menggunakan mesin perontok ini sangat cepat dan waktu sangat efisien dalam bekerja khususnya panen padi sawah maupun ladang, pada awalnya menggunakan banyak alat manual lainnya, namun ini cukup dengan menggunakan satu komponen mesin perontok padi tersebut.

Pada awalnya menghabiskan waktu hampir satu hari dalam 500 kg hasil panen secara manual semata dengan menggunakan tenaga 5 sampai 6 orang, namun ini  berbeda dengan menggunakan mesin perontok ini dapat menghasilkan 500-800 kg/jam hingga lebih dan memerlukan jumlah tenaga 2-3 orang dalam mengontrol mesin perontok padi tersebut. Dalam melihat hasil dari pemisahan manual atau menggunakan tenaga (orang) dalam bekerja panen padi kurang bersih alias kurang memuaskan karena proses mencapai hasil padi tersebut harus dengan mengambil beberapa rumpun padi sesuai kapasitas gengaman tangan para tenaga kemudian di ikat setelah itu dilandaskan atau pukul dengan pelan-pelan tapi keras pada perontok manual agar semua biji padi dapat rontoknya semakin banyak dan bersih, pada saat melakukan perontokan padi manual sangat melelahkan sehingga hasil rontokan biji padi tidak bersih dan masih tidak semua terputus dari tandannya baik biji berisi dan tidak berisi.

Nah! Jika para petani menggunakan mesin perontok padi tersebut hasil pemisahannya atau putusnya biji berisi dan yang tidak berisi semua bersih dari tandan padi itu sendiri serta daun-daun keringnya juga tidak menggikutinya karena mesin perontok ini sudah memiliki alat pemisahan, dan pengontrol khusus saat memasukkan padi atau dikenal dengan sistem  mesin perontok padi tersebut; jika kita bandingkan hasil pemisahan manual dengan hasil mesin jauh lebih bersih menggunakan mesin tersebut selain terlindungi, tidak berceceran, dan tidak memerlukan banyak tenaga maka itu sangat patut atau layak dipakai oleh para petani saat panen padi sawah maupun ladang.

Mengenai kemampuan pembersihan dari mesin perontok padi tersebut tidak kalah dengan hasil pembersihan manual, namun hasil dari kebersihan gabah terhadap mesin perontok padi ini kurang lebih sembilan puluh lima persen yang dapat di lihat secara visual pada saat setelah menggunakan mesin perontok padi tersebut. Dengan jaminan hasil gabah sangat bersih dan hasil biji gabah berkualitas selama masa panen menggunakan mesin perontok tersebut. Oleh sebab itu para petani juga memiliki kesempatan langsung untuk memilah dan memilih benih gabah dari hasil mesin perontok padi yang telah digunakan itu.

Dalam sistim penggunaan mesin perontok padi tersebut dapat dilihat hasilnya secara langsung oleh para petani saat panen, kerusakan hasil gabah dari mesin perontok padi ini sangat minus kurang lebih -2 kenapa karena pada saat pemisahan gabah pada mesin itu, buah atau biji padi saja yang terpisahkan oleh mesin dan tidak diikuti oleh daun-daun kering lainnya yang dapat mencampuri gabah tersebut. Dibandingkan dengan hasil panen manual, biji gabah serta daun-daun keringnya dapat patah atau terputus melainkan ikut bercampur dalam tumpukan gabah sehingga para petani kualahan dalam bekerja dan banyak menguras tenaga dan banyak orang yang di butuhkan dalam bekerja. Maka dari itu mesin perontok padi merupakan salah satu solusi untuk para petani untuk melakukan panen khususnya panen padi pada musim panen baik itu dalam bentuk skala panen sedikit atau banyak sangat bagus dan membantu para petani dengan menggunakan mesin perontok padi ini.

Dalam operasi mesin tersebut tidak memerlukan tempat yang banyak, hanya memerlukan tenaga 3-5 orang boleh lebih, tergantung kuantitas luas sawah atau ladang padi yang harus dipanen yang dimiliki oleh para petani tersebut. Khususnya saatoperasi mesin perontok padi, khususnya saat memasukkan jerami padi sekaligus buahnya maka langkah paling mudah bagi tenaga saat pemisahan padi adalah pohon padi serta buahnya berukuran kurang lebih 90-110 cm jadi yang harus diambil atau potong hanya setengahnya dari pohon padi tersebut agar supaya mempermudah saat pemisahan atau perontokan padi. Kedua, padi harus rapi agar supaya lebih cepat dalam pemisahan atau perontokan karena dalam operasi mesin tersebut dapat lebih cepat dan menghemat waktu kerja.

Saat pengoperasian mesin dan pemisahan buah padi menjadi gabah harus di himpun pohon padi yang belum dirontok oleh mesin perontok padi tersebut, agar dalam saat pengambilan himpunan hingga sampai pada pemisahan dapat lebih mudah dalam memasukkannya dalam mesin serta hasilnya juga lebih apik sekaligus jadi biji gabah yang sangat bersih. Masalah lokasi mesin perontok padi pada saat panen sangat fleksibel dan tidak menghabuskan banyak tempat. Para petani sangat terbantu dalam menggunakan mesin perontok padi ini, disamping menghemat biaya dan sistim kerja mesin sangat cepat jauh lebih cepat daripada kerja manual. Mesin perontok padi ini dapat dioperasikan dimanapun khususnya di sekitar padi sawah atau ladang yang akan dipanen seperti di pinggiran sawah atau ladang, ditengah, dan atau pinggiran jalan jika lokasi panen sangat dekat dengan jalan raya agar supaya mempermudah pengangkutan hasil panen; sehingga para petani tidak menghabiskan banyak tenaga jika lokasi tersebut sangat dekat dan mudah diakses saat panen.

Dalam operasi mesin perontok padi ini memiliki beberapa kelemahan yang tidak bisa kita hindari karena setiap mesin khususnya mesin perontok padi tentunya memiliki kelemahan yaitu pasa saat pemisahan buah padi dalam perontok terkurung tersebut, namun sedikit memiliki curahan biji padi yang berisi saja yang bisa terputus dari tandan atau bulirnya dengan mesin perontok tersebut sedangkan biji yang tidak berisi sulit untuk rontok dari tandannya dan ikut curah bersama biji yang berisi padat atau yang bagus hampir 0.05 % tertinggal dari jumlah kapasitas panen padi yang berukuran 800 Kg dari hasil panen. Kedua, hasil panen menggunakan mesin perontok ini memiliki bulir bekas yang tidak dapat di gunakan dalam lahan sawah yang luas, namun hanya tertutupi sedikit saja kecuali hanya untuk pakan ternak tempat berfungsinya.

Masalah spesifikasi mesin perontok padi ini sangat berkualitas dan berasal dari besi plat sebagai pelindung penggiling perontok bagian dalamnya sangat kuat dan ukuran tebal besi plat kurang lebih 0.04 mm yang melingkar dari depan hingga kebelakang dengan dimensi melingkar setengah dan memiliki  lubang tempat memasukkan bulir padi yang sudah dipotong dan di himpun secara rapi, ukuran lubang tersebut yaitu 0.025 cm hingga 0.040 cm bentuk persegi panjang; namun ada juga mesin perontok padi tidak perlu ditutup sekaligus lubangnya langsung berukuran persegi panjang begitu saja.

Dalam masalah mesin belting memiliki cover yang sangat bagus, terjaga, dan besi yang sangat berkualitas, sedangkan besi yang dipakai adalah besi elbow kualitas II kalau kualitas satu tentu sangat mahal, tebal, dan kuat. Besi itulah menjadi cover belting dari pada mesin perontoh padi tersebut. Sedangkan tujuan dibuatkan cover belting adalah untuk melindungi bulir-bulir padi atau dahan padi terbawa blower mesin sehingga tidak kita ketahui dapat mengenakan belting akan berakibat bulir padi serta dahannya ikut berputar sehingga mengakibatkan kerusakan pada belting ataupun mesin, bahkan mesin juga akan berpengaruh putarannya sangat lambat karena setiap grip belting dan seal belting daripada mesin mengalami tumpukan debu itulah yang akan mengakibatkan mesin cepat rusak dan berkarat sehingga mesin perontok padi yang miliki petani tidak awet dalam pemakaian.

Maka bagian cover mesin tersebut harus bersih dan setiap selesai pemakaian harus melakukan pengecekan bagian cover belting mesin perontok tersebut. Khususnya kaki besi mesin perontok tersebut terbuat dari besi siku sebagai penyangga sekaligus sebagai pelindung komponen-komponen mesin perontok padi tersebut. Jika kita melihat apa yang lebih kuat dan kualitas penyangga atau kaki penyangga mesin perontok padi yang lebih kuat yaitu besi hollow atau besi SQ-BAR yang lebih kuat dan terjamin kualitas komponen mesin perontok padi akan lebih awet, namun gambar diatas menunjukkan kaki atau penyangga mesin tersebut menggunakan besi siku saja oleh sebab itu dalam pembuatan, penggunaan, dan keawetan pemakaian mesin perontok “para petani seyogyanya menggunakan besi yang lebih bagus dan berkualitas agar mesin perontok tersebut lebih awet dan kuat dari segi pemakaian yang sangat sering”. Itulah salah satu gambaran komponen pembuatan alat mesin perontok padi yang khususnya bagi para petani jika ingin lebih berkualitas dan terjamin awet dalam pemakaiannya.

Bagian komponen beberapa mesin perontok padi diatas menggambarkan secara umum. Tidak lupa menyebutkan roda daripada mesin perontok tersebut menggunakan menggunakan roda berukuran 80/90 dari segi ukuran namun ada juga yang menggunakan roda yang lebih besar; namun roda tersebut tergantung seberapa berat total seluruh komponen mesin tersebut. Itu semua tergantung dari alat-alat, dan bahan material yang digunakan untuk membuat mesin perontok padi tersebut. Untuk lebih jelasnya mesin yang dipakai untuk operasi mesin perontok tersebtu tergantung permintaan dan minat daripada petani; secara umum ada yang menggunakan mesin Kubota, honda, dan misuzu dengan bahan bakar minyak adalah premium pemakaian masyarakat secara umum.

Singkatnya, dimasa era Industri yang terjadi sekarang ini adalah sistim kerja para pekerja rata-rata khususnya para petani kebanyakan menggunakan mesin agar supaya lebih cepat bekerja, hasil memuaskan, waktu singkat daripada manual, serta dapat menghemat biaya operasional lainnya; sehingga dapar melakukan yang kerjaan yang juga. Khususnya para petani dalam masa panen saat sekarang ini baik kapasitas banyak ataupun sedikit dapat menggunnakan mesin perontok padi, tentu dengan harga terjangkau mesin berkualitas, dan di jamin awet pemakaiannya; oleh sebab itu untuk mempersingkat waktu kerja, dapat mengefesiensi tenaga, sekaligus menghebat biaya gunakanlah mesin perontok padi tepat guna.

 

Bagikan informasi tentang Jual Mesin Perontok Padi kepada teman atau kerabat Anda.

Jual Mesin Perontok Padi | Rinjani Teknik

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan