Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu libur
Beranda » Jual Mesin Cacah Sampah Organik

Jual Mesin Cacah Sampah Organik

Jual Mesin Cacah Sampah Organik

Jual Mesin Cacah Sampah Organik – Mesin ini berfungsi untuk mencacah atau menghancurkan sampah-sampah organik menjadi ukuran yang lebih kecil. Yang tergolong sampah organik seperti sampah daun-daunan, ranting-ranting kecil, rumput-rumputan, sampah organik pasar, ataupun sampah organik rumah tangga. Adapun tujuan pencacahan sampah organik adalah memudahkan proses pembusukan untuk membuat pupuk kompos.Fungsi utama mesin pencacah sampah organik adalah untuk memudahkan proses pengolahan sampah-sampah organik agar menjadi pupuk organik yang berkualitas. Mesin ini memiliki kemampuan untuk menghancurkan sampah-sampah organik, baik sampah-sampah organik basah maupun sampah-sampah organik kering. Dengan menggunakan mesin, sampah-sampah organik ini akan dirajang dan dihancurkan menjadi potongan-potongan berukuran kecil. Potongan-potongan kecil sampah organik ini akan jauh lebih mudah dan cepat mengalami proses kimiawi untuk menjadi pupuk kompos dirinjani teknik jual mesin cacah sampah organik melalui website kami.

Mesin pencacah sampah organik sering digunakan sebagai mesin pengolahan pupuk organik atau kompos. Karena salah satu cara untuk mempercepat proses pengomposan yakni dengan cara bahan baku pupuk organik harus dicacah terlebih dahulu menjadi ukuran kecil. Setelah proses pencacahan bahan baku sampah organik, selanjutnya bahan baku dicampur dan difermentasi. Setelah proses pengomposan selesai dan sudah menjadi kompos, selanjutnya pupuk disortasi dengan menggunakan mesin pengayak kompos atau dilakukan secara manual agar ukuran kompos seragam. Selanjutnya pupuk organik dikemas sesui kebutuhan.

Peluang usaha

Pupuk kompos tentu sangat familiar di telinga kita. Pupuk kompos merupakan salah satu jenis pupuk yang digunakan sebagai penambah nutrisi bagi tanaman dengan tujuan agar kebutuhan akan nutrisi tercukupi dengan baik sehingga tanaman dapat tumbuh dengan sehat. Pupuk kompos sendiri dibuat dari kumpulan bahan organik seperti dedaunan, rerumputan, kotoran ternak, dan lain sebagainya. Tanah yang menjadi media tanam bagi suatu tanaman akan menjadi lebih subur dan gembur setelah diberi pupuk kompos.Berdasarkan data terkini, sebagian besar sampah di Indonesia berasal dari sampah rumah tangga, berupa sisa makanan dan sampah dapur. Padahal, jenis sampah organik seperti ini masih bisa diolah menjadi barang yang lebih berharga. Bila pengolahan sampah organik dilakukan dengan baik, setidaknya ada dua keuntungan yang bisa didapatkan sekaligus yakni mengurangi jumlah sampah yang kini menjadi permasalahan dunia dan mendapat keuntungan secara finansial karena bisa diproduksi menjadi pupuk organik. Peluang bisnis pupuk organik pun semakin lama semakin meningkat seiring kesadaran masyarakat tentang gaya bertani yang sehat. Sehingga pangsa pasar pupuk organik lumayan besar di masyarakat.

Meskipun kesadaran masyarat tentang gaya bertani organik sedang naik, pelaku bisnis di bidang pupuk organik masih terbilang rendah. Peluang seperti ini tentunya harus Anda manfaatkan sebaik-baiknya. Apalagi, cara pembuatan pupuk organik tidak susah sama sekali jika dibantu oleh peralatan seperti mesin pencacah sampah organik. Permodalan untuk memulai usaha ini juga tidak besar. Bahan bakunya juga sangat berlimpah ada di lingkungan sekitar Anda, seperti sampah organik, kotoran hewan, arang sekam, obat organik, dan lainnya.Untuk pemasaran, Anda bisa menggunakan media online. Akan tetapi, Anda juga perlu mencari lokasi yang strategis dan ramai, misalnya dekat desa, taman kota, pusat perbelanjaan, dan lainnya. mesin pencacah sampah organik akan sangat membantu proses pembuatan pupuk organik Anda menjadi sangat efektif dan efisien.

Selain itu juga, mesin pencacah sampah organik ini dapat dijadikan sebagai komoditi untuk bisnis bidang pertanian dan perkebunan. Terlebih sekarang ini banyak masyarakat yang lebih berminat untuk mengkonsumsi buah dan sayuran organik yang mana buah dan sayur organik ini dibudidayakan tanpa menggunakan pupuk berbahan kimia, melainkan menggunakan pupuk berbahan organik murni alias pupuk organik. Anda sendiri mungkin pecinta sekaligus penikmat buah dan sayur organik dengan pertimbangan untuk menjaga kualitas kesehatan tubuh Anda dan keluarga.Melihat minat masyarakat Indonesia akan buah dan sayur organik, sayang rasanya jika peluang bisnis ini dilewatkan begitu saja. Jika kita benar-benar mengelola bisnis ini dengan baik, dipastikan profit yang didapatkan sangat menjanjikan. Kita bisa memanfaatkan peluang bisnis ini sebagai distributor, suplier, atau bahkan produsen mesin pencacah sampah organik. Produk yang berupa mesin ini nantinya dapat kita promosikan kepada para petani di desa-desa, pelaku bisnis kuliner dengan bahan buah atau sayur organik segar, para reseller untuk produk-produk pertanian, dan lain sebagainya.

Kemudian soal promosi, kita bisa manfaatkan media digital yang telah tersambung dengan koneksi internet sebagai media promosi untuk produk mesin pengolah kompos. Bagaimana, menarik bukan? Dengan mesin pengolah kompos ini, tidak hanya dapat membantu mereka yang memerlukan pupuk kompos berkualitas, melainkan juga dapat menambah pundi-pundi keuangan pelaku bisnis mesin pengolah kompos.

Langkah-langkah membuat pupuk organik

Mulai dari pemilihan bahan baku, sampah dipisahkan antara sampah organik dan anorganik (plastik, kaca, dll). Kualitas kompos yang baik adalah kompos yang tidak tercampur dengan sampah anorganik, karena jika tercampur dengan sampah anorganik hasilnya tidak akan maksimal. Bahan baku bisa diambil dari sampah daun-daunan, ranting-ranting kecil, rumput-rumputan, sampah organik pasar, Ataupun sampah organik rumah tangga. Masing-masing bahan memiliki kandungan yang berbeda, dan unsur inilah yang berfungsi sebagai hara yang sangat diperlukan oleh tanaman. Yang perlu diperhatikan adalah bila sampah yang dikumpulkan itu memiliki ukuran yang besar, sehingga perlu dilakukan pemotongan menjadi lebih kecil terlebih dahulu untuk memudahkan dalam proses selanjutnya.

Langkah selanjutnya, sampah organik dicacah atau dipotong-potong sehingga menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, proses ini dilakukan agar sampah dapat dengan mudah dan cepat terurai menjadi kompos. Proses pencacahan ini bisa dilakukan dengan menggunakan mesin pencacah sampah organik agar lebih mudah dan cepat.Kemudian penyusunan bahan dasar kompos, ini bisanya bervariasi, bahan dasar kompos biasanya disusun dengan komposisi sampah organik sebagai bahan dasar sebanyak 70 – 80 persen, tanah 10 – 15 persen dan bahan tambahan 10 – 15 persen, bahan tambahan ini dapat berupa gabah, dedak, kotoran ternak atau kompos yang sudah jadi sebelumnya.

Setelah itu masuk ke proses pencampura, proses ini dilakukan setiap satu minggu sekali, dengan cara membalikkan sampah yang ada pada lapisan bawah ke bagian atas kemudian mengaduknya hingga rata. Hal ini berguna untuk membuang panas berlebihan, memasukkan udara segar ke dalam tumpukan, meratakan proses pelapukan, meratakan pemberian air dan membantu menghancurkan bahan organik secara efektif.Setelah itu proses penyiraman, tumpukan kompos harus terjaga dalam kondisi kelembaban yang cukup, maka dari itu dilakukanlah proses penyiraman ketika tumpukan kompos terlalu kering. Cara mengecek kelembaban kompos hanya dengan menggenggamnya, jika ketika diperas tidak mengeluarkan air maka tumpukan bahan kompos tersebut harus disiram air secukupnya. Menyiram menggunakan air cucian beras akan lebih baik karena dapat menambah unsur glukosa dalam kompos.

Selanjutnya proses pematangan kompos, tingkat pematangan ini beragam tergantung bahan dasar organik pembuat kompos, cuaca dan pengolahan yang dilakukan. Proses pematangan berkisar antara 20 – 40 hari dengan menggunakan aktivator, sedangkan sekitar 2 – 6 bulan jika ditimbun secara alami. Ketika tumpukan bagian atas terlihat mulai lapuk, volume sampah akan menyusut kurang lebih 30 – 40 persen dari volume awal dan kompos berwarna kehitaman, jika ciri – ciri kompos yang baik sudah terlihat maka kompos sudah siap di panen, yaitu : warna coklat kehitaman, bau seperti bau tape.

Yang terakhir adalah proses penyaringan atau penyortiran, dilakukan untuk memisahkan antara bahan jadi dengan bahan yang belum terurai. Kompos yang baik adalah kompos yang terurai dengan sempurna, tidak berbau dan berwarna cokelat kehitaman. Untuk memudahkan penjualan pupuk kompos dapat dikemas dengan karung dan dijahit.

Kelebihan Mesin

Alat ini terbuat dari besi plat mild steel yang kuat dan tahan lama. Sedangkan, rangka alat terbuat dari besi berkualitas, sehingga terlihat tangguh. Komponen pisau pencacah pada alat juga memiliki ketajaman yang baik dan tahan lama. Dimensi alat tidak terlalu besar. Jadi, Anda tidak perlu menyiapkan tempat khusus untuk alat ini. Mesin ini juga memiliki desain dan cara penggunaan yang sederhana dan sangat mudah. Semua orang pasti dapat menggunakannya tanpa perlu mencari teknisi khusus. Hasil cacahan memuaskan, sehingga dapat mempercepat proses pengomposan samph organik dengan cepat. Alat ini dapat membantu Anda menghemat banyak hal, seperti biaya, waktu, dan tenaga pekerja. Hasil yang banyak dan cepat membuat Anda memiliki kesempatan mengembangkan bisnis pupuk organik secara optimal.

Proses penguraian, tentunya dibantu oleh organisme-organisme pengurai seperti bakteri dan cacing pengurai. Dengan bantuan penggunaan mesin ini, kita tak perlu menunggu waktu lama untuk mengolah sampah-sampah organik menjadi pupuk organik. Anda hanya cukup menggunakan mesin ini, sampah-sampah organik yang Anda miliki akan diolah (dipotong, dirajang, dan dihaluskan) sesuai dengan keinginan. Praktis dan pastinya hemat waktu tentunya.

Bagikan informasi tentang Jual Mesin Cacah Sampah Organik kepada teman atau kerabat Anda.

Jual Mesin Cacah Sampah Organik | Rinjani Teknik

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan