Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu libur
Beranda » Jual Alat Pemanggang Ayam

Jual Alat Pemanggang Ayam

Jual Alat Pemanggang Ayam

Jual Alat Pemanggang Ayam – Alat pemanggang umumnya tidak menimbulkan asap dan memudahkan memanggang ikan, daging, atau bahan makanan lain-lainnya. Alat panggang terdiri dari beberapa tipe, yaitu yang menggunakan gas, listrik, dan infrared. Masing-masing memiliki karakteristik tersendiri. Ada banyak pemanggang bermerk terkenal, seperti Philips, Severin, HI-COOK, dan lainnya. Berbagai pilihan kebutuhan tersebut bisa saja membuat bingung saat hendak memilih alat. Ketika memanggang daging dengan hawa panas yang timbul dari arang, akan terlihat asap yang terus muncul setiap kali minyak dari pemanggang menetes dan mengenai arang tersebut.

Setiap kali arang terkena minyak, asap pun muncul. Untuk mencegah timbulnya asap, kami Jual Alat Pemanggang Ayam dan dirancang untuk mencegah minyak dari pemanggang menetes dan mengenai sumber panas. Ada banyak metode yang bisa digunakan misalnya mengumpulkan minyak di sudut tertentu dengan mengatur kemiringan piringan pemanggang. Metode lainnya adalah dengan menempatkan kawat di piringan untuk mencegah minyak menetes atau melengkapi pemanggang dengan kipas.

Cara memilih pemanggang

Dengan menggunakan alat pemanggang, lebih mudah memanggang daging tanpa perlu mengkhawatirkan timbulnya asap. Tentukan lokasi alat pemanggang akan diletakkan Berdasarkan sumber panasnya, alat pemanggang secara umum dibagi menjadi dua. Tipe pertama adalah pemanggang yang menggunakan gas, sedangkan tipe kedua menggunakan energi listrik. Apabila hendak memakainya di luar ruangan, pemanggang tipe gas lebih direkomendasikan. Namun, jika Anda hendak memakainya di dalam rumah, dapat memilih tipe mana pun sesuai kenyamanan Pengguna alat pemanggang:

  1. Pilih produk dengan kipas (built-in fan) untuk meminimalisir asap Salah satu keunggulan alat pemanggang adalah memungkinkan untuk memanggang daging dengan asap yang minim. Akan tetapi, bukan berarti asapnya hilang sepenuhnya. Apabila Anda ingin memanggang dengan asap sekecil mungkin, pilihlah produk yang sudah dilengkapi dengan built-in fan. Kipasnya akan mengisap asap yang muncul sehingga mencegah timbulnya asap lebih baik dibandingkan produk yang tidak dilengkapi built-in fan.
  2. Jika Anda mengutamakan rasa, pilih produk yang memakai infrared Apabila Anda mengutamakan rasa hasil panggangan yang autentik, alat pemanggang yang menggunakan teknologi infrared lebih direkomendasikan. Sinar infrared akan menembus dan memanggang daging secara optimal sehingga rasanya pun makin nikmat. Meskipun begitu, pemanggang seperti ini biasanya membutuhkan waktu lebih lama dalam proses memanggang.
  3. Pastikan produknya mudah dibersihkan Meski timbulnya asap bisa ditekan, akan tetapi harus membersihkan panggangan dari sisa bakaran dan lemak yang menempel. Untuk itu, pilihlah produk yang piringannya dapat dilepas dan dipasang agar mudah dibersihkan. Jika tray dan kipasnya bisa dilepas, maka akan makin mudah membersihkan bagian-bagian yang lengket. Sebelum membeli, perlu mengecek apakah alat pemanggang tersebut memiliki bentuk piringan dan komponen-komponen yang mudah dibersihkan.

Jenis Jenis Alat Pemanggang

Pemanggang adalah alat yang bisa kita gunakan untuk memasak dengan cara di bakar. Jika di jelaskan tentang menggunakan pemanggang dengan baik, berikut ini adalah jenis jenis pemanggang, yang diantaranya adalah :

  1. Gas Open Griddle

Gas open gridle adalah pemanggang yang menggunakan bahas bakar gas, system kerjanya seperti kompor gas namun tungku api di ganti dengan alas pemanggang, Gas Open Griddle di bedakan menjadi beberapa macam yaitu :

  • Gas Flat Griddle adalah pemanggang yang sepenuhnya beralaskan datar dan rata.
  • Gas Half-Grooved Gridldle adalah pemanggang yang setengah bagianya datar dan setengah bagiannya berbentuk garis garis.
  • Gas Char Rock adalah pemanggang yang semua bagiannya berbentuk garis garis.
  1. Roaster

Raster adalah pemanggang yang cara kerjanya hampir sama dengan oven, yaitu daging di panggang di dalam bagian mesin. Berikut ini adalah jenis jenis roaster makanan:

  • Gas Rotisseries adalah oven khusus untuk memanggang ayam dan bebek.
    • Gas Duck / Chasio Roaster adalah pemanggang khusus untuk memanggang ayam atau bebek dalam keadaan utuh.
  1. Broiler

Broiler adalah pemanggang berbentuk garis garis yang fungsinya khusus untuk memanggan ikan atau daging menjadi steak.

  1. Contact Grill

Contact Grill adalah pemanggang beralas datar yang berukuran kecil, bisa di gunakan di dalam ruangan.

  1. Pemanggang Snack Khusus.

Pemanggang Snack Khusus adalah pemanggang yang mempunyai fungsi khusus untuk memanggang snack khusus. Diantaranya adalah :

  • Waffle Baker : Digunakan khusus untuk membuat waffle
  • Cone Baker : Digunakan Khusus untuk membuat cone
  • Crepes Machine : Digunakan khusus untuk membuat crepes dan pancake
  • Dorayaki Baker : Digunakan khusus untuk membuat dorayaki
  • Takoyaki Baker : Digunakan Khusus untuk membuat takoyaki

Ayam panggang merupakan menu makanan yang diolah dengan cara daging ayam dipanggang. Umumnya daging ayam utuh atau masih menyatuh semua paha, dada, sayap, leher dan kepala masih menjadi satu kesatuan yang dipanggang. Untuk mendapatkan kematangan merata pada setiap daging harus dilakukan bolak balik berulang-ulang hingga matang. Kegiatan bolak-balik ini menimbulkan risiko isi daging terkelupas, atau dapat menyebabkan salah satu bagian daging ayam dapat terpisah. Hal ini berpengaruh kualitas baik utuh dan kematangan yang tidak dikehendaki konsumen.

Keterbatasan alat panggang yang di gunakan oleh para usaha ayam panggang di Kupang berupa kawat yang menyerupai jaring berbentuk persegi dan dilengkapi dengan hendel.  Ayam yang akan di panggang diletakan di atas kawat pemanggang dan di tutup dengan kawat penutup lalu diletakan di atas besi pemalang tungku dan di balik berulang-ulang sampai matang, kondisi ini tidak mendukung. Untuk itu dilakukan kajian berupa inovasi teknologi panggang ayam, dengan membangun konsep-konsep, merencanakan dan membuatnya.

Jenis ayam yang di panggang ialah ayam pedaging (Broiler), dan ayam kampung. Ayam pedaging harganya lebih murah dan usia pemeliharaannya yang paling singkat dari jenis-jenis ayam lainya. Ayam Boiler dengan waktu ternaknya satu bulan, beratnya bisa mencapai 2 kilogram, selain ayam pedaging, ayam kampung juga biasa di panggang, walaupun harganya mahal tetapi banyak peminatnya karena ayam kampug memiliki kadar kolesterol yang rendah. Alat pemanggang yang di gunakan oleh para pengusaha ayam panggang berupa, tunggu api dan kawat penjepit. Kawat penjepit adalah kawat jaring yang dibentuk persegi dan dilengkapi dengan hendel.

Cara kerja alat ini yaitu, ayam yang akan di panggang dijepit dan diletakan di atas tungku api, selama pemanggangan di balik berulang-ulang sampai matang,  Keterbatasan teknologi ini tidak jarang ayam yang dipanggang ada yang terkupas, terjadi hangus dan tingkat kematangan kurang merata di bagian-bagian tertentu pada daging ayam karena operator bersentuhan langsung dengan kawat panggang dalam membalik-balikan dan juga disaat membalik operator tidak fokus sepenuhnya, yang disebabkan panas. Panas api dari pemanggangan dapat menyebabkan tangan atau anggota tubuh yang lain tersengat. Kondisi ini pula yang menyebabkan kapasitas yang dihasilkan dalam melayani konsumen terbatas.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat memanggang ayam:

  1. Pastikan suhu tidak terlalu tinggi.
  2. Jangan meninggalkan pemanggang dalam keadaan terbuka.
  3. Gunakan termometer untuk memastikan kematangan daging.
  4. Untuk mencegah hangusnya daging, jangan masukkan saus lebih awal.
  5. Jangan campurkan makanan lain dalam panggangan daging ayam.
  6. Perbedaan ukuran daging juga memengaruhi lama waktu memanggang.
  7. Jangan langsung memotong daging setelah selesai dipanggang.
  8. Bersihkan alat pemanggang setelah dipakai.

Tahapan dalam memilih alat pemanggang

  1. Hal ini terkait di mana pemanggang itu akan diletakkan. Saat ini alat pemanggang jenis pan grill saja hadir dengan ukuran yang berbeda-beda. Pilihlah alat pemanggang dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Biasanya ukuran ini juga berpengaruh dengan kapasitas dari alat pemanggang tersebut.
  2. Pertimbangkan berapa volume yang dapat ditampung oleh alat pemanggang tersebut dalam sekali masak. Saat ini ada alat pemanggang bertingkat yang dapat mengoptimalkan proses memanggang. Jadi dalam sekali proses, anda dapat memperoleh hasil yang lebih banyak.
  3. Setiap set alat panggangan saat ini hadir dengan merk dan fitur yang berbeda. Hal itu pada akhirnya dapat berpengaruh terhadap harga dari alat tersebut. Selain itu, harga sebuah pemanggang juga dapat dipengaruhi oleh jenis bahan dan ukuran. Tidak ada salahnya untuk menginvestasikan uang dengan membeli alat pemanggang mahal, tetapi berkualitas bagus dibandingkan alat pemanggang murah tetapi mudah rusak.

5 Tips Memanggang yang Sehat

  1. Mulailah dengan peralatan panggang yang bersih. Jangan biarkan sisa arang/hangus yang menumpuk di alat panggangan anda berpindah ke makanan yang baru saja akan di persiapkan. Gunakan sikat kawat untuk membersihkan sisa arang dan kemudian usap dengan kain untuk memastikan bahwa sisa arang yang sudah dibersihkan tadi tidak sampai masuk ke dalam makanan. Selain lebih enak dilihat, cara ini juga dapat menyingkirkan alat panggang dari  bakteri/kuman.
  2. Asap dan Api. Sumber protein tinggi dari daging , unggas , dan ikan yang di panggang bila terpapar  dengan panas tinggi atau bara api  dapat menciptakan amina heterosiklik. Ketika lemak menetes dari bahan makanan yang dipanggang dan kemudian terbakar di alat panggangan juga akan menghasilkan asap yang mengandung hidrokarbon aromatik polisiklik. Kedua kelompok bahan kimia diatas telah dikaitkan sebagai penyebab berbagai jenis kanker (bahan karsinogen). Untuk mengurangi pembentukan bahan kima tersebut ada beberapa cara yakni:
  • Lapisi alat panggang anda dengan foil yang berlubang
  • Masaklah lebih lama dengan temperatur yang lebih rendah,kalau perlu gunakan termometer untuk mengecek suhu panggangan
  • Lengkapi dengan botol spray berisi air untuk mengontrol lemak terbakar naik ke atas dan kemudian akan menetes lebih banyak ke alat panggang anda.
  1. Rendamlah bahan makanan (marinated). Merendam bahan makanan sesaat sebelum di masak, dapat membatasi terbentuknya bahan karsinogen saat nanti akan di panggang/dibakar. Tentu saja merendam makanan dalam beragam bumbu masakan juga dapat menambah rasa pada makanan. Jika memilih bumbu-bumbu yang sudah jadi/kalengan, maka pilihlah yang rendah garam agar hasilnya lebih sehat.
  2. Menyimpan bahan makanan. Daging, unggas atau seafood yang masih mentah sebaiknya disimpan terpisah dengan bahan sayuran dan bahan makanan lainnya. Tempatkan makanan yang sudah dipanggang diatas bersih ( jangan piring yang sama untuk meletakkan bahan makanan yang awalnya masih mentah tadi )
  3. Sayuran dan buah. Jangan lewatkan berbagai sayuran dan buah untuk variasi masakan anda dalam acara barbeque keluarga. Dengan cara dipanggang, ternyata bahan sayur dan buah juga dapat meningkatkan rasa keduanya seperti halnya saat kita memanggang daging. Salah satu contoh alternatif menu seperti kebab daging/ayam ditambah potongan-potongan bawang ,tomat, mentimun , atau produk lainnya adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan buah dan sayur.

Bagikan informasi tentang Jual Alat Pemanggang Ayam kepada teman atau kerabat Anda.

Jual Alat Pemanggang Ayam | Rinjani Teknik

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan