Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » Jual Alat Pengupas Sabut Kelapa

Jual Alat Pengupas Sabut Kelapa

Diposting pada 25 September 2020 oleh admin

Jual Alat Pengupas Sabut Kelapa 

Jual Alat Pengupas Sabut Kelapa – Kelapa merupakan tanaman asli daerah tropis yang dapat ditemui di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari pesisir pantai hingga dataran tinggi. Tanaman kelapa merupakan tanaman serbaguna dimana seluruh bagian tanaman mulai dari akar, batang, daun dan buah dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan manusia dan memiliki nilai ekonomi tinggi. Meningkatnya harga sabut kelapa di pasar dunia terjadi karena mulai menyukai barang-barang yang terbuat dari bahan alami salah satunya sabut kelapa. Produk yang terbuat dari sabut kelapa tidak kalah kualitasnya dari bahan sintesis.

Negara indonesia merupakan yang kaya akan hasil alamnya, dengan pemandangan yang indah dapat memanjakan mata yang akan datang melihat keaneragamaan yang luar biasa melimpah teruntuk wisatawan tidak akan rugi datang ke Indonesia, sehingga dengan kekayan luar biasa yang di miliki Indonesia wisata-wisatawan dari berbagai macam negara datang keindonesia untuk menikmati pulau-pulau di Indonesia. Selain itu indonesia disebut sebagai negara agraris dan terbentangnya garis katulistiwa di negara indonesia, sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai petani dan bercocok tanam maka sebab itu indonesia kaya akan keindahan alamnya dan juga kaya akan berbagai jenis flora dan fauna.

Indonesia itu seperti emas semakin digali semakin bagus pemandanganya. Sekarang banyak acara tv yang menayangakan atau memperkenalkan kepada masyarakat indonesia agar masyarakat tau begitu indahnya pesona alam indonesia bila kita telusuri beraneka ragam budaya,suku dan lain-lainnya, dan dari sisi lain indonesia banyak sekali kelebihanya tinggal kita bisa mengelolanya apa tidak. Sumber daya alam indonesia sangatlah melimpah jika bangsa mengolahnya dengan baik kita bisa menikmatinya. Kelapa merupakan tanaman asli daerah tropis yang dapat ditemui di seluruh wilayah Indonesia, meningkatnya harga sabut kelapa di pasar dunia terjadi karena barang-barang yang terbuat dari bahan alami salah satunya sabut kelapa. Produk yang terbuat dari sabut kelapa tidak kalah kualitasnya dari bahan sintesis. Sabut kelapa merupakan bahan berserat dengan ketebalan sekitar 5 cm, dan merupakan bagian terluar dari buah kelapa. Sabut kelapa terdiri atas kulit ari, serat. Diantara komponen penyusun sabut kelapa tersebut penggunaan serat adalah yang paling banyak dan telah berkembang.

Untuk memperoleh sabut ditempuh dengan cara memisahkan sabut dari tempurung kelapa yang disebut dengan pengupasan sabut. Penggunaan serat sangat luas antara lain untuk pembuatan tali, sapu, keset, sikat pembersih, saringan air. Pengupasan sabut dapat dilakukan secara tradisional dan menggunakan peralatan mekanik. Pengupasan kelapa dengan alat tradisional mempunyai beberapa kekurangan yaitu kapasitas kerja yang kecil dimana untuk mengupas satu buah kelapa memakan waktu ± 1–5 menit. Bila produksi kelapa cukup tinggi maka biaya, waktu dan tenaga untuk pengupasannya juga besar.

Pengupasan sabut juga dilakukan dengan menggunakan alat yang terbuat dari besi dengan bagian yang tajam menghadap keatas. Di bagian bawah alat ini diberi tempat kedudukan agar besi tidak masuk kedalam tanah. Tenaga kerja yang telah terlatih mampu mengupas kelapa setiap hari, alat pengupas kelapa secara mekanis merupakan pengembangan dari alat tradisional. Walaupun alat ini sudah termasuk yang pengoperasionalannya sebagian besar masih menggunakan tenaga manusia. Dengan demikian alat ini masih belum bisa dikatakan efektif karena tenaga manusia ada batasannya dan tidak bisa digunakan untuk pekerjaan yang terus menerus.

Alat pengupas sabut kelapa dapat membantu pekerjaan pengupasan sabut menjadi lebih cepat dengan kapasitas kerja yang besar jika dibandingkan dengan pengupasan sabut kelapa secara manual. Sudah sejak lama pohon kelapa dikenal sebagai pohon yang multiguna dan multifungsi. Seluruh bagian dari pohon yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan,.termasuk bagian sabutnya. Alat pengupas sabut kelapa adalah salah satu alat bantu yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan pemanfaatan sabut kelapa ini. Sabut kelapa yang berbentuk serat-serat kasar merupakan kulit buah kelapa dan menjadi bagian terbesar dari buah kelapa.

Dalam satu butir, sabut kelapa menyumbang berat hingga 35% dari keseluruhan berat buah kelapa. Hal ini menyebabkan sabut kelapa menjadi produk samping pengolahan kelapa yang jumlahnya cukup besar. Sabut kelapa banyak dijumpai di sentra-sentra industri pengolahan buah kelapa. Biasanya, sabut kelapa dianggap sebagai limbah yang tak berguna, sehingga sering kali dibuang atau dibakar. Padahal, dengan proses tertentu, sebenarnya sabut kelapa masih bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Mengubah sabut kelapa menjadi sebuah produk akan meningkatkan nilai ekonomis sabut kelapa. Apalagi, peluang untuk mengekspor produk sabut kelapa masih sangat besar. Sayangnya, peluang ini belum dimanfaatkan dengan baik. Teknologi pengolahan serat sabut kelapa masih belum dikembangkan secara optimal.

Jenis-jenis pemanfaatan sabut kelapa, Berikut ini ada beberapa di antaranya:

1.Bahan Pembuatan Barang Kerajinan

Sejak dulu, sabut kelapa telah banyak dimanfaatkan untuk membuat barang keperluan rumah tangga, seperti sapu dan keset. Selain itu, sabut kelapa banyak digunakan sebagai bahan pembuat aneka kerajinan dan produk kreatif, seperti tas, dompet, hiasan atau pajangan, karpet, bantal, bahkan untuk bahan pembuat spring bed, dashboard dan jok kendaraan.

2. Bahan Bakar

Sifatnya yang mudah terbakar membuat sabut kelapa sangat baik untuk dimanfaatkan sebagai bahan bakar, misalnya pada pembuatan arang dari batok kelapa. Bahkan, sabut kelapa juga banyak digunakan sebagai bahan bakar di restoran tradisional dan dalam industri pembuatan genting dan keramik.

3. Pupuk Organik dan Media Tanam

Cara membuatnya sangat mudah. Hanya dengan merendamnya dalam air selama 15 hari, sabut kelapa juga ternyata bisa menjadi pupuk organik yang sangat baik. Hal ini dikarenakan sabut kelapa memiliki kandungan unsur hara yang penting bagi tanaman. Dengan alasan yang sama, sabut kelapa juga sangat bagus untuk dijadikan sebagai media tanam. Di kalangan pecinta tanaman, media tanam dari sabut kelapa sangat disukai. Selain mengandung unsur hara, sabut kelapa juga mampu menyerap dan menyimpan air lebih banyak, sehingga menghemat pemakaian air.

4. Komponen Alat Penjernih Air

Pada alat penjernih air sederhana, sabut kelapa merupakan salah satu komponen yang berfungsi untuk menyaring kotoran yang terdapat pada air. Serat sabut kelapa dapat menahan kotoran sehingga air menjadi jernih. Namun, serat sabut kelapa yang digunakan haruslah serat yang sudah dicuci bersih sehingga tidak mengandung kulit ari.

5. Briket Sabut Kelapa

Selama ini, mungkin orang hanya mengenal briket yang terbuat dari batu bara. Ternyata, sabut kelapa pun bisa dijadikan bahan pembuat briket. Bahkan, briket dari sabut kelapa ini bersifat ramah lingkungan dan harganya pun lebih ekonomis.

6. Menetralkan Bau Semen

Pada kolam ikan yang baru dibuat, biasanya akan timbul bau yang berasal dari lapisan semen. Jika tercampur dengan air, hal ini akan mengganggu perkembangbiakan ikan di dalamnya karena dapat menyebabkan kematian ikan. Sabut kelapa dapat dimanfaatkan untuk menetralisasi bau semen yang mengganggu.

7. Penahan Erosi

Sabut kelapa juga ternyata bisa dimanfaatkan untuk bahan konstruksi, salah satunya adalah sebagai penahan erosi pada daerah tebing dan areal bekas tambang. Namun sebelumnya, sabut kelapa harus diproses terlebih dahulu menjadi jaring sabut atau kelapa atau yang disebut dengan cocomesh. Untuk membuat cocomesh, sabut kelapa dibuat menjadi tali sabut. Selanjutnya, tali sabut dianyam dengan ukuran lebar dan jarak tali tertentu, sehingga membentuk jaring. Selain untuk menahan erosi, cocomesh juga berguna untuk menghijaukan kembali area tambang.

Alat pengupas sabut kelapa Sejak dahulu, masyarakat telah memanfaatkan buah kelapa untuk berbagai keperluan, terutama untuk kebutuhan konsumsi. Tahapan pengupasan kelapa merupakan tahapan yang sulit dalam proses pengolahan buah kelapa. Pada masyarakat tradisional, proses pengupasan dilakukan secara manual dengan menggunakan berbagai alat, seperti pisau, golok, atau linggis tancap. Cara manual tersebut memiliki berbagai kelemahan, di antaranya relatif sulit, membutuhkan waktu lama, dan memiliki risiko kecelakaan yang cukup besar akibat terkena pisau, golok, atau linggis. Namun, untuk skala kecil, cara manual ini mungkin masih bisa diandalkan.

Itu sebabnya, hingga saat ini pun masih ada yang menggunakan cara tradisional untuk mengupas sabut kelapa. Namun, jika berbicara skala industri, pengupasan manual tentu saja tidak bisa digunakan karena industri menuntut proses yang serba cepat. Apalagi buah kelapa memiliki dua lapis kulit, yaitu sabut dan batok, yang sama-sama sulit untuk dikupas. Untuk itulah, kemudian diciptakan alat pengupas sabut kelapa, baik untuk mengupas sabut kelapa maupun batok kelapa.

kami jual alat pengupas sabut kelapa merupakan bagian dari rangkaian besi yang sudah di desain untuk membantu proses pengupasan supaya lebih cepat. Alat pengupas sabut kelapa berfungsi memisahkan sabut kelapa dari batoknya secara lebih mudah, cepat, dan aman. Untuk pengolahan selanjutnya, kelapa yang sudah dikupas sabutnya diproses menggunakan mesin pengupas batok kelapa hingga didapatkan daging buah kelapa.

Alat Pengupas Kelapa ini memiliki banyak kelebihan, di antaranya:

  • Mempercepat proses pengupasan sabut kelapa
  • Lebih aman
  • Merupakan buatan dalam negeri, sehingga jika terjadi kerusakan, tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan spare part
  • Mudah dipindah-pindahkan karena ukuran tidak terlalu besar
  • Ramah lingkungan karena tidak menggunakkan bahan bakar

Spesifikasi Alat Pengupas Sabut Kelapa

Alat pengupas sabut kelapa dirancang dengan spesifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan akan alat pengupas sabut kelapa yang dapat diandalkan, yaitu:

  • Fungsi: Untuk mengupas sabut kelapa dari batoknya
  • Dimensi: 30x100x mm
  • Kecepatan Pengupasan: 100 butir/jam (tergantung dari tenaga manusia)
  • Material Rangka Mesin: Besi holow dan mata pisau pengupas
  • Model Pisau: Horizontal

Bagaimana Cara Kerja Alat Pengupas Sabut kelapa?

di Rinjani Teknik Jual Alat pengupas sabut kelapa yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat dioperasikan dengan sangat mudah. Cara kerja Alat pengupas sabut kelapa ini sangat sederhana, sehingga tidak membutuhkan keahlian khusus untuk mengoperasikannya. Hanya dengan beberapa langkah saja, sabut kelapa akan terpisah dari batoknya. Langkah Pertama, ambil kelapa lalu di tancapkan kemata pisau alat pengupas sabut kelapa setelah itu injak tuas yang ada dibawahnya sehinnga akan mengupas sabut kelapa hingga seluruhnya terlepas dari batok kelapa. Indonesia masih memiliki peluang besar untuk mengekspor produk sabut kelapa. Yang perlu dilakukan adalah meningkatkan produksi sabut kelapa salah satunya dilakukan dengan memperluas penggunaan mesin pengupas sabut kelapa. Selain itu, perlu dikembangkan juga jenis produk yang dihasilkan dengan cara melakukan diversifikasi produk.

Bagikan informasi tentang Jual Alat Pengupas Sabut Kelapa kepada teman atau kerabat Anda.

Jual Alat Pengupas Sabut Kelapa | Rinjani Teknik

Belum ada komentar untuk Jual Alat Pengupas Sabut Kelapa

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan